Kisi Kisi PTS PAI SD Kelas 1 Semester 1 Terbaru TA 2023-2024
Setiap penyusunan soal ujian harus berdasarkan ketentuan. Ketentuan yang dimaksud adalah kisi kisi dari soal tersebut. Soal ujian atau soal ulangan harian tidak bisa dibuat sembarangan. Kisi kisi dibuat agar soal yang nantinya disusun tidak keluar dari koridor materi. Kisi kisi soal dibuat agar soal yang dibuat sesuai dengan kompetensi dalam pembelajaran.
PTS adalah singkatan dari penilaian tengah semester. PTS setara dengan ulangan harian biasa. PTS semisal pengganti ulangan harian yang dimaksud. Memang, dalam perubahan kurikulum K-13 istilah PTS adalah yang suda dihilangkan, namun pada praktiknya, PTS tetap dilaksanakan dalam pembelajaran di sekolah.
Pengertian Soal PTS
Soal adalah perangkat utama dalam evaluasi. Saat mengevaluasi sesuatu, maka disajikanlah soal. Soal adalah alat untuk mengukur pemahaman seseorang sejauh mana orang tersebut memahami materi yang dipelajarinya.
Menurut Eko Putro (2014), Soal dalam evaluasi adalah proses sistematis berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan serta menginformasikan tentang sesuatu yang kemudian dijadikan dasar mengambil keputusan.
Menurut Imam Muchoyar (2013), Soal dalam evaluasi adalah sejenis penentuan nilai dari sesuatu
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa soal PTS adalah perangkat evaluasi yang dijadikan penentu nilai siswa pada pertengahan semester berjalan, yaitu kisaran 3 bulan pertama.
Tujuan Soal STS
Ada banyak tujuan dari soal, baik secara umum maupun secara khusus. Setidaknya, tujuan dari soal STS dirangkum dalam beberapa hal berikut ini:
- Mendapatkan nilai siswa
- Mengetahui posisi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan
- Mengukur metode dan efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada siswa
- Mendapatkan landasan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan nilai siswa
Pengertian Kisi-kisi Soal
Pengertian kisi-kisi soal dalam kurikulum merdeka yaitu sebuah format yang memuat kriteria mengenai soal-soal yang akan disusun kemudian. Format tersebut dapat pula dimaknai sebagai blue print nya test yang di dalamnya memuat deskripsi kompetensi (KD) dan materi yang akan diujikan.
Simpelnya, pengertian kisi-kisi soal adalah pedoman yang dibuat untuk rujukan dalam menyusun soal.
Kisi-kisi soal disusun berdasarkan silabus mata pelajaran atau dalam kurikulum merdeka, silabus disebut sebagai ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).
Sebuah kisi-kisi dalam kurikulum merdeka dianggap baik jika memenuhi kriteria berikut ini:
- Mewakili isi kurikulum / Kompetensi dasar (KD) yang akan diujikan
- Indikator soal berdasarkan ATP dan dibuat dengan jelas supaya memudahkan penyusunan soal
- Komponen kisi-kisi harus rinci jelas, dan mudah dipahami
Sedangkan yang termasuk komponen kisi-kisi soal dalam kurikulum merdeka adalah:
- Identitas Penyusun, Bidang studi, Kelas, Semester
- Nomor Soal
- Capaian Pembelajaran (CP)
- Materi
- Bentuk Soal
- Level Soal
- Indikator Soal
Tujuan Kisi-kisi Soal
Kisi-kisi Soal dibuat dengan tujuan sebagai berikut:
- Memandu guru dalam menyusun soal
- Memberi gambaran KI/KD atau ATP/TP yang terkandung dalam soal yang dibuat
- Memberi gambaran, peta, dan persentase level soal antara mudah, sedang, dan sulit
- Memberi gambaran level soal C1,C2,C3,C5,C5 dalam soal
Berikut adalah kisi-kisi soal PTS yang dimaksud:
No. | Elemen | Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) | Materi | Level Kognitif | Indikator Soal | Nomor Soal | Bentuk Soal |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Al-Quran Hadits | 1.1 Peserta didik mengidentifikasi huruf hija'iyyah, harakat sederhana (fathah, kasrah, dhammah), dapat melafalkan huruf hijaiyah dan harakat secara lengkap. Dapat melafalkan basmallah, serta 1 surah pendek (al Fātihah ), berani menunjukkan hafalan surah Al-Fatihah dengan lancar di depan guru, sehingga menumbuhkan kebiasaan untuk | Aku Cinta Al-Quran | 1 | Menyebutkan nama kitab suci umat Islam | 1 | PG |
suka melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. | 3 | Memadukan pasangan nama dan cara baca harakat yang tepat | 2 | PG | |||
2 | Menelaah bacaan surah al-Fatihah sesuai nomor ayatnya | 3 | PG | ||||
1 | Mengidentifikasi lambang huruf hijaiyah | 4 | PG | ||||
2 | Menganalisis isi kandungan surah al-Fatihah | 5 | PG | ||||
1 | Menyebutkan jumlah ayat surah al-Fatihah | 16 | Isian | ||||
1 | Menentukan cara menulis huruf hijaiyah | 17 | Isian | ||||
1 | Menyebutkan arti harakat | 18 | Isian | ||||
2 | Aqidah | 1.1 Peserta didik menyebutkan rukun Iman terutama Iman kepada Allah (Keesaan Allah/ al-Ahad) dan iman kepada Rasul. | Mengenal Rukun Iman | 1 | Menyebutkan arti rukun iman | 6 | PG |
1.2 Peserta didik Menyebutkan Peran Muhammad saw. sebagai Rasul | 2 | Menyeleksi benda-benda ciptaan Allah Swt. | 7 | PG | |||
1.3 Peserta didik Menyebutkan arti nabi, rasul, dan mukjizat dengan menggunakan bahasa sendiri | 2 | Menguraikan cara meneladani iman kepada Allah Swt. | 8 | PG | |||
2 | Menguraikan arti nabi dan rasul | 9 | PG | ||||
1 | Menyebutkan nama nabi dan rasul sesuai urutannya | 10 | PG | ||||
1 | Menjelaskan arti makhluk | 19 | Isian | ||||
2 | Merinci macam-macam rukun iman sesuai urutannya | 20 | Isian | ||||
1 | Menyebutkan tugas nabi dan rasul | 21 | Isian | ||||
1 | Menyebutkan jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui | 22 | Isian | ||||
3 | Akhlak | 1.1 Peserta didik Menyebutkan arti | Aku Suka Membaca Basmallah dan Hamdallah | 2 | Mengaitkan bacaan basmallah dan hamdallah dengan kegiatan yang dilakukan | 11, 13 | PG |
kalimah thayibah basmalah dan hamdalah, dapat melafalkan basmalah dan hamdalah beserta artinya, sehingga dapat menumbuhkan sikap terbiasa berkata baik. | 1 | Menyebutkan arti basmallah dan hamdallah | 14 | PG | |||
1 | Menentukan sikap rasa syukur | 12 | PG | ||||
2 | Menelaah contoh perilaku santun | 15 | PG | ||||
1 | Menjelaskan cara bersyukur terhadap nikmat Allah Swt. | 23 | Isian | ||||
2 | Menguraikan contoh perbuatan santun | 24 | Isian | ||||
1 | Menyebutkan lawan dari syukur nikmat | 25 | Isian |
Post a Comment for "Kisi Kisi PTS PAI SD Kelas 1 Semester 1 Terbaru TA 2023-2024"
Terimakasih Sudah Berkunjung, Sehat Selalu Dan Semoga Sukses