Kisi Kisi Soal PAI Sumatif Tengah Semester 1 Kelas 4

 


Pengertian Soal PTS

Soal adalah perangkat utama dalam evaluasi. Saat mengevaluasi sesuatu, maka disajikanlah soal. Soal adalah alat untuk mengukur pemahaman seseorang sejauh mana orang tersebut memahami materi yang dipelajarinya. 

Menurut Eko Putro (2014)Soal dalam evaluasi adalah proses sistematis berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan serta menginformasikan tentang sesuatu yang kemudian dijadikan dasar mengambil keputusan.

Menurut Imam Muchoyar (2013), Soal dalam evaluasi adalah sejenis penentuan nilai dari sesuatu

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa soal PTS adalah perangkat evaluasi yang dijadikan penentu nilai siswa pada pertengahan semester berjalan, yaitu kisaran 3 bulan pertama. 

Tujuan Soal STS

Ada banyak tujuan dari soal, baik secara umum maupun secara khusus. Setidaknya, tujuan dari soal STS dirangkum dalam beberapa hal berikut ini: 

  1. Mendapatkan nilai siswa 
  2. Mengetahui posisi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan
  3. Mengukur metode dan efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada siswa
  4. Mendapatkan landasan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan nilai siswa

Pengertian Kisi-kisi Soal

Pengertian kisi-kisi soal dalam kurikulum merdeka yaitu sebuah format yang memuat kriteria mengenai soal-soal yang akan disusun kemudian. Format tersebut dapat pula dimaknai sebagai blue print nya test yang di dalamnya memuat deskripsi kompetensi (KD) dan materi yang akan diujikan. 

Simpelnya, pengertian kisi-kisi soal adalah pedoman yang dibuat untuk rujukan dalam menyusun soal.

Kisi-kisi soal disusun berdasarkan silabus mata pelajaran atau dalam kurikulum merdeka, silabus disebut sebagai ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).

Sebuah kisi-kisi dalam kurikulum merdeka dianggap baik jika memenuhi kriteria berikut ini: 

  1. Mewakili isi kurikulum / Kompetensi dasar (KD) yang akan diujikan
  2. Indikator soal berdasarkan ATP dan dibuat dengan jelas supaya memudahkan penyusunan soal
  3. Komponen kisi-kisi harus rinci jelas, dan mudah dipahami

Sedangkan yang termasuk komponen kisi-kisi soal dalam kurikulum merdeka adalah: 

  1. Identitas Penyusun, Bidang studi, Kelas, Semester
  2. Nomor Soal
  3. Capaian Pembelajaran (CP)
  4. Materi
  5. Bentuk Soal
  6. Level Soal
  7. Indikator Soal

Tujuan Kisi-kisi Soal

Kisi-kisi Soal dibuat dengan tujuan sebagai berikut: 

  1. Memandu guru dalam menyusun soal
  2. Memberi gambaran KI/KD atau ATP/TP yang terkandung dalam soal yang dibuat
  3. Memberi gambaran, peta, dan persentase level soal antara mudah, sedang, dan sulit
  4. Memberi gambaran level soal C1,C2,C3,C5,C5 dalam soal
Berikut adalah kisi-kisi soal PTS PAI SD Kelas 4 semester 1 terbaru 2023

No Capaian Pembelajaran Materi Level Kognitif Indikator Soal Bentuk
1 Peserta didik mampu membaca surat-surat pendek   atau ayat al-Qur'an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik Mari   Kita Mengkaji dan mengaji QS. Al-hujurat ayat 13 dan hadits tentang keragaman L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan makna meneladani   Surah Al Hujurat ayat 13 Pilihan Ganda
2 L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan lafal “ agar kamu saling mengenal” Pilihan Ganda
3 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan hukum tajwid Pilihan Ganda
4 Pada   elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan   dari Allah Swt. (Sunnatullah) Indahnya   saling menghargai dalam keragaman L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan Sikap toleransi Pilihan Ganda
5 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan makna kebragaman dan perbedaan Pilihan Ganda
6 Peserta   didik memahami beberapa asmaulhusna Teladan   Mulia Asmaul Husna L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan arti asmaul husna Pilihan Ganda
7 L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan surat Al-Qur’an mengenai asmaul husna Pilihan Ganda
8 L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan arti Al-Mu’min Pilihan Ganda
9 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan perilaku mandiri dalam asmaul husna Pilihan Ganda
10 L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan arti Al-Qudus Pilihan Ganda
11 Pada   elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan   dari Allah Swt. (Sunnatullah) Indahnya   saling menghargai dalam keragaman L2 disajikan soal, siswa   mampu mengetahui sikap yang tidak termasuk perbuatan tercela Pilihan Ganda
12 L2 disajikan soal, siswa   mampu mengetahui perbuatan yang merugikan orang lain Pilihan Ganda
13 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan makna saling menghargai Pilihan Ganda
14 L2 disajikan soal, siswa   mampu mengetahui perbuatan tercela yang harus di bersihkan Pilihan Ganda
15 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan Sikap toleransi kepada teman yang berbeda agama Pilihan Ganda
1 Peserta   didik mampu membaca surat-surat pendek atau ayat al-Qur'an dan menjelaskan   pesan pokoknya dengan baik Mari   Kita Mengkaji dan mengaji QS. Al-hujurat ayat 13 dan hadits tentang keragaman L1 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan hadist tentang keberagaman Isian
2 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan tujuan Allah menciptakan manusia beragam Isian
3 L1 Disajikan soal, siswa   mampu mengartikan lafal وَقَبَائِلَ Isian
4 Peserta   didik memahami beberapa asmaulhusna Teladan   Mulia Asmaul Husna L1 disajikan soal, siswa   mampu mengartikan apa itu iman Isian
5 L1 disajikan soal, siswa   mampu mengetahui arti asmaul husna maha pemberi keamanan Isian
6 L1 disajikan soal, siswa   mampu mengetahui jumlah asmaul husna Isian
7 L1 disajikan soal, siswa   mampu mengetahui arti Allah Maha Agung Isian
8 Pada   elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan   dari Allah Swt. (Sunnatullah) Indahnya   saling menghargai dalam keragaman L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan sikap patuh terhadap guru Isian
9 L2 disajikan soal, siswa   mampu menyelesaikan masalah dalam berdiskusi Isian
10 L3 disajikan soal, siswa   mampu mencontohkan sikap menghargai teman Isian
1 Peserta didik   mampu membaca surat-surat pendek atau ayat al-Qur'an dan menjelaskan pesan   pokoknya dengan baik Mari Kita Mengkaji dan mengaji QS.   Al-hujurat ayat 13 dan hadits tentang keragaman L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan sikap toleransi Uraian
2 Peserta   didik memahami beberapa asmaulhusna Teladan   Mulia Asmaul Husna L2 disajikan soal, siswa   mampu menjelaskan adanya Allah SWT Uraian
3 L2 disajikan soal, siswa   mampu meneladani sikap Al-Azis Uraian
4 Pada   elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan   dari Allah Swt. (Sunnatullah) Indahnya   saling menghargai dalam keragaman L2 disajikan soal, siswa   mampu menyebutkan keragaman dilingkungan sekolah Uraian
5 L2 disajikan soal, siswa   mampu menghargai perbedaan Uraian
Demikian semoga bermanfaat

Post a Comment for "Kisi Kisi Soal PAI Sumatif Tengah Semester 1 Kelas 4 "