Kisi Kisi Soal PAI Sumatif Tengah Semester 1 Kelas 4
Pengertian Soal PTS
Soal adalah perangkat utama dalam evaluasi. Saat mengevaluasi sesuatu, maka disajikanlah soal. Soal adalah alat untuk mengukur pemahaman seseorang sejauh mana orang tersebut memahami materi yang dipelajarinya.
Menurut Eko Putro (2014), Soal dalam evaluasi adalah proses sistematis berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan serta menginformasikan tentang sesuatu yang kemudian dijadikan dasar mengambil keputusan.
Menurut Imam Muchoyar (2013), Soal dalam evaluasi adalah sejenis penentuan nilai dari sesuatu
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa soal PTS adalah perangkat evaluasi yang dijadikan penentu nilai siswa pada pertengahan semester berjalan, yaitu kisaran 3 bulan pertama.
Tujuan Soal STS
Ada banyak tujuan dari soal, baik secara umum maupun secara khusus. Setidaknya, tujuan dari soal STS dirangkum dalam beberapa hal berikut ini:
- Mendapatkan nilai siswa
- Mengetahui posisi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan
- Mengukur metode dan efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada siswa
- Mendapatkan landasan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan nilai siswa
Pengertian Kisi-kisi Soal
Pengertian kisi-kisi soal dalam kurikulum merdeka yaitu sebuah format yang memuat kriteria mengenai soal-soal yang akan disusun kemudian. Format tersebut dapat pula dimaknai sebagai blue print nya test yang di dalamnya memuat deskripsi kompetensi (KD) dan materi yang akan diujikan.
Simpelnya, pengertian kisi-kisi soal adalah pedoman yang dibuat untuk rujukan dalam menyusun soal.
Kisi-kisi soal disusun berdasarkan silabus mata pelajaran atau dalam kurikulum merdeka, silabus disebut sebagai ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).
Sebuah kisi-kisi dalam kurikulum merdeka dianggap baik jika memenuhi kriteria berikut ini:
- Mewakili isi kurikulum / Kompetensi dasar (KD) yang akan diujikan
- Indikator soal berdasarkan ATP dan dibuat dengan jelas supaya memudahkan penyusunan soal
- Komponen kisi-kisi harus rinci jelas, dan mudah dipahami
Sedangkan yang termasuk komponen kisi-kisi soal dalam kurikulum merdeka adalah:
- Identitas Penyusun, Bidang studi, Kelas, Semester
- Nomor Soal
- Capaian Pembelajaran (CP)
- Materi
- Bentuk Soal
- Level Soal
- Indikator Soal
Tujuan Kisi-kisi Soal
Kisi-kisi Soal dibuat dengan tujuan sebagai berikut:
- Memandu guru dalam menyusun soal
- Memberi gambaran KI/KD atau ATP/TP yang terkandung dalam soal yang dibuat
- Memberi gambaran, peta, dan persentase level soal antara mudah, sedang, dan sulit
- Memberi gambaran level soal C1,C2,C3,C5,C5 dalam soal
No | Capaian Pembelajaran | Materi | Level Kognitif | Indikator Soal | Bentuk |
---|---|---|---|---|---|
1 | Peserta didik mampu membaca surat-surat pendek atau ayat al-Qur'an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik | Mari Kita Mengkaji dan mengaji QS. Al-hujurat ayat 13 dan hadits tentang keragaman | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan makna meneladani Surah Al Hujurat ayat 13 | Pilihan Ganda |
2 | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan lafal “ agar kamu saling mengenal” | Pilihan Ganda | ||
3 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan hukum tajwid | Pilihan Ganda | ||
4 | Pada elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (Sunnatullah) | Indahnya saling menghargai dalam keragaman | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan Sikap toleransi | Pilihan Ganda |
5 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan makna kebragaman dan perbedaan | Pilihan Ganda | ||
6 | Peserta didik memahami beberapa asmaulhusna | Teladan Mulia Asmaul Husna | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti asmaul husna | Pilihan Ganda |
7 | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan surat Al-Qur’an mengenai asmaul husna | Pilihan Ganda | ||
8 | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti Al-Mu’min | Pilihan Ganda | ||
9 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan perilaku mandiri dalam asmaul husna | Pilihan Ganda | ||
10 | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan arti Al-Qudus | Pilihan Ganda | ||
11 | Pada elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (Sunnatullah) | Indahnya saling menghargai dalam keragaman | L2 | disajikan soal, siswa mampu mengetahui sikap yang tidak termasuk perbuatan tercela | Pilihan Ganda |
12 | L2 | disajikan soal, siswa mampu mengetahui perbuatan yang merugikan orang lain | Pilihan Ganda | ||
13 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan makna saling menghargai | Pilihan Ganda | ||
14 | L2 | disajikan soal, siswa mampu mengetahui perbuatan tercela yang harus di bersihkan | Pilihan Ganda | ||
15 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan Sikap toleransi kepada teman yang berbeda agama | Pilihan Ganda | ||
1 | Peserta didik mampu membaca surat-surat pendek atau ayat al-Qur'an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik | Mari Kita Mengkaji dan mengaji QS. Al-hujurat ayat 13 dan hadits tentang keragaman | L1 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan hadist tentang keberagaman | Isian |
2 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan tujuan Allah menciptakan manusia beragam | Isian | ||
3 | L1 | Disajikan soal, siswa mampu mengartikan lafal وَقَبَائِلَ | Isian | ||
4 | Peserta didik memahami beberapa asmaulhusna | Teladan Mulia Asmaul Husna | L1 | disajikan soal, siswa mampu mengartikan apa itu iman | Isian |
5 | L1 | disajikan soal, siswa mampu mengetahui arti asmaul husna maha pemberi keamanan | Isian | ||
6 | L1 | disajikan soal, siswa mampu mengetahui jumlah asmaul husna | Isian | ||
7 | L1 | disajikan soal, siswa mampu mengetahui arti Allah Maha Agung | Isian | ||
8 | Pada elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (Sunnatullah) | Indahnya saling menghargai dalam keragaman | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sikap patuh terhadap guru | Isian |
9 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam berdiskusi | Isian | ||
10 | L3 | disajikan soal, siswa mampu mencontohkan sikap menghargai teman | Isian | ||
1 | Peserta didik mampu membaca surat-surat pendek atau ayat al-Qur'an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan baik | Mari Kita Mengkaji dan mengaji QS. Al-hujurat ayat 13 dan hadits tentang keragaman | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sikap toleransi | Uraian |
2 | Peserta didik memahami beberapa asmaulhusna | Teladan Mulia Asmaul Husna | L2 | disajikan soal, siswa mampu menjelaskan adanya Allah SWT | Uraian |
3 | L2 | disajikan soal, siswa mampu meneladani sikap Al-Azis | Uraian | ||
4 | Pada elemen akhlak, peserta didik memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (Sunnatullah) | Indahnya saling menghargai dalam keragaman | L2 | disajikan soal, siswa mampu menyebutkan keragaman dilingkungan sekolah | Uraian |
5 | L2 | disajikan soal, siswa mampu menghargai perbedaan | Uraian |
Post a Comment for "Kisi Kisi Soal PAI Sumatif Tengah Semester 1 Kelas 4 "
Terimakasih Sudah Berkunjung, Sehat Selalu Dan Semoga Sukses