PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1

 

Prota PAI SD kelas 5

PROGAM TAHUNAN

 

Mata Pelajaran         :     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester       :     V/1

Tahun Ajaran           :     2016/2017

 

Baca juga : 

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 2 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 2 SEMESTER 2

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 2

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 2

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 6 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

1.1     Terbiasa membaca al- Qur'an dengan tartil.

Q.S. at-Tin

1 x 40 jp

 

2.1     Menunjukkan sikap sating mengingatkan dan berpegang teguh sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma'un.

3.1.1  Memahami makna Q.S. at- Tin dan Q.S. al- Ma'un dengan benar.

3.1.2  Membaca Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma'un dengan baik dan benar.

4.1.1  Menulis kalimat- kalimat dalam Q.S. at- Tin dan Q.S. al-Ma'un dengan baik dan benar.

4.1.2  Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma'un dengan baik dan benar.

1.2     Meyakini adanya Allah Swt. Yang

Asmaul Husna: al- al-Mumit, al- Hayy, al-

1 x 40 jp

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

         Maha Mematikan, Maha Hidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa.

Qayyum, dan al-Ahad

 

 

2.2     Menunjukkan sikap berani, peduli, mandiri dan teguh pendirian sebagai implementasi dari pemahaman makna al- Asmau al- Husna: al- Mumit, al- Hayy, al- Qayyum, danal-Ahad.

3.2      Memahami makna al- Asmau al- Husna: al- Mum.it, al- Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad.

4.2      Membaca al- Asmau al- Husna: al- Mumit, al- Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad.

1.4     Meyakini adanya kitab- kitab suci melalui rasul- rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.

Kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya

1 x 40 jp

 

2.4     Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

         makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya.

 

 

 

3.4     Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya sebagai implementasi rukun iman.

4.4     Menunjukkan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui  rasul-rasul- Nya sebagai implementasi rukun iman.

1.5     Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.

Makna

perilaku

jujur

1 x 40 jp

 

2.5     Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari.

3.5     Memahami makna perilaku jujur  dalam kehidupan sehari-hari.

4.5     Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

1.6     Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman.

Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

1 x 40 jp

 

2.6     Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru.

3.6     Memahami makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

4.6     Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

1.7     Meyakini bahwa sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman.

Sikap

menghargai

1 x 40 jp

 

2.7     Menunjukkan sikap saling menghargai sesama manusia.

3.7     Memahami makna saling menghargai sesama manusia

4.7     Mencontohkan sikap saling menghargai sesama manusia.


 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

1.10   Menjalankan kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam.

Hikmah

puasa

Ramadan

1 x 40 jp

 

2.10   Menunjukkan sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa Ramadan.

3.10   Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.

4.10   Menunjukkan hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia.

1.12   Meyakini kebenaran kisah Nabi Dawud a.s.

Kisah

keteladanan Nabi Dawud a.s.

1 x 40 jp

 

2.12   Menunjukkan sikap berani sebagai implementasi dari pemahatnan kisah keteladan Nabi Dawud a.s.

3.12   Memahami kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.


 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s

 

 

 

1.13   Meyakini kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s.

Kisah

keteladanan Nabi

Sulaiman a.s.

1 x 40 jp

 

2.13   Menunjukkan sikaprendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s.

3.13   Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

4.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

1.15   Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa' a.s.

Kisah

keteladanan Nabi Ilyasa' a.s.

1 x 40 jp

 

2.15   Menunjukkan sikapkeijasaxn a sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa' a.s.

3.15   Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyasa' a.s.

4.15   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa' a.s.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

1.16   Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

Kisah

keteladanan Nabi

Muhammad saw.

1 x 40 jp

 

2.16   Menunjukkan sikapjujur dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw.

3.16   Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

4.16   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

 

 

…………, ……………………… 20 …..

Mengetahui

 

 

Kepala Sekolah

 

Guru  Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam dan

Budi Pekerti

 

 

 

 

NIK/NIP…………………………

 

NIK/NIP………………………………………

 

Post a Comment for "PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1"