PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1
![]() |
Prota PAI SD kelas 5 |
PROGAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/1
Tahun Ajaran : 2016/2017
Baca juga :
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 2 SEMESTER 1
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 2 SEMESTER 2
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 1
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 2
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 2
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 6 SEMESTER 1
PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
1.1 Terbiasa membaca al- Qur'an dengan tartil. |
Q.S. at-Tin |
1 x 40 jp |
|
2.1 Menunjukkan sikap sating mengingatkan dan
berpegang teguh sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. at-Tin dan Q.S.
al-Ma'un. |
|||
3.1.1 Memahami makna
Q.S. at- Tin dan Q.S. al- Ma'un dengan benar. |
|||
3.1.2 Membaca
Q.S. at-Tin dan
Q.S. al-Ma'un dengan baik dan benar. |
|||
4.1.1 Menulis kalimat- kalimat dalam Q.S. at- Tin dan Q.S. al-Ma'un dengan baik dan benar. |
|||
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Ma'un dengan baik dan benar. |
|||
1.2 Meyakini adanya Allah Swt. Yang |
Asmaul
Husna: al- al-Mumit, al- Hayy,
al- |
1 x 40 jp |
|
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
Maha Mematikan,
Maha Hidup, Maha Berdiri Sendiri dan Maha Esa. |
Qayyum, dan al-Ahad |
|
|
2.2 Menunjukkan
sikap berani, peduli, mandiri dan teguh pendirian sebagai implementasi dari pemahaman makna al- Asmau al- Husna:
al- Mumit, al- Hayy, al- Qayyum, danal-Ahad. |
|||
3.2 Memahami makna al- Asmau al- Husna: al- Mum.it, al- Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad. |
|||
4.2 Membaca al- Asmau al- Husna: al- Mumit,
al- Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad. |
|||
1.4 Meyakini
adanya kitab- kitab suci melalui rasul- rasul-Nya sebagai implementasi rukun
iman. |
Kitab-kitab
suci melalui rasul-rasul- Nya |
1
x 40 jp |
|
2.4 Menunjukkan
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman |
|||
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
makna
diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya. |
|
|
|
3.4 Memahami makna
diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya sebagai implementasi
rukun iman. |
|||
4.4 Menunjukkan
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui
rasul-rasul- Nya sebagai implementasi rukun iman. |
|||
1.5 Meyakini bahwa
perilaku jujur sebagai cerminan dari iman. |
Makna perilaku jujur |
1
x 40 jp |
|
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. |
|||
3.5 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
|||
4.5 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
|||
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman. |
Hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru |
1 x 40 jp |
|
2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua, dan guru. |
|||
3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru. |
|||
4.6 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru |
|||
1.7 Meyakini bahwa sikap saling menghargai
sesama manusia sebagai cerminan dari iman. |
Sikap menghargai |
1 x 40 jp |
|
2.7 Menunjukkan sikap saling menghargai sesama
manusia. |
|||
3.7 Memahami makna saling menghargai sesama
manusia |
|||
4.7 Mencontohkan sikap saling menghargai
sesama manusia. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
1.10 Menjalankan
kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam. |
Hikmah puasa Ramadan |
1 x 40 jp |
|
2.10 Menunjukkan
sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah
puasa Ramadan. |
|||
3.10 Memahami hikmah
puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. |
|||
4.10 Menunjukkan
hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. |
|||
1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Dawud a.s. |
Kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s. |
1 x 40 jp |
|
2.12 Menunjukkan sikap berani sebagai
implementasi dari pemahatnan kisah keteladan Nabi Dawud a.s. |
|||
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud
a.s |
|
|
|
1.13 Meyakini kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s. |
Kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. |
1 x 40 jp |
|
2.13 Menunjukkan sikaprendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Sulaiman a.s. |
|||
3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. |
|||
4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. |
|||
1.15 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ilyasa' a.s. |
Kisah keteladanan
Nabi Ilyasa' a.s. |
1
x 40 jp |
|
2.15 Menunjukkan sikapkeijasaxn a sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladan Nabi Ilyasa' a.s. |
|||
3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Ilyasa' a.s. |
|||
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa'
a.s. |
|||
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
1.16 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. |
Kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. |
1
x 40 jp |
|
2.16 Menunjukkan
sikapjujur dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan
Nabi Muhammad saw. |
|||
3.16 Memahami kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw. |
|||
4.16 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
|
…………,
……………………… 20 ….. |
|||
Mengetahui |
|
|
||
Kepala Sekolah |
|
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi
Pekerti |
|
|
NIK/NIP………………………… |
|
NIK/NIP……………………………………… |
|
Post a Comment for "PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1"
Terimakasih Sudah Berkunjung, Sehat Selalu Dan Semoga Sukses